Strategi Pemb. Melalui Bernyanyi (STKIPHA) Lotim //S-4//

Salah satu manfaat dari bernyanyi ini antara lain, anak merasa enjoy dan senang dalam belajar sehingga dapat menerima materi dengan mudah (Fadlillah, 2012:175- 176). Sehingga dengan anak-anak mendapatkan kedua ini akan merasa nyaman dan betah terhadap apa yang mereka pelajari/belajarkan

Walaupun demikian maka, bernyanyi dapat dibelajarkan sesuai dengan konsep dan metode pendekatan yang dilakukan dan tentu dalam setiap metode pembelajaran pastilah memiliki keunggulan dan kelemahan termasuk juga metode bernyanyi ini, menurut Amin (2016:214) berikut ini merupakan keunggulan dan kelemahan metode bernyanyi. 

Keunggulan, mudah, murah, sederhana, dan menyenangkan., pengetahuan / pesan pesan moral yang disampaikan dapat melekat dalam ingatan anak dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Kelemahan metode bernyanyi adalah pengetahuan yang diperoleh sifatnya teoritik juga imajinatif. Kemungkinan pula hal ini tidak dapat diterapkan untuk cabang ilmu sains dan teknologi. 

Kemudian metode bernyanyi akan memberikan efek yang cukup besar dalam proses pembelajaran jika dilaksanakan dalam cara kerja yang sesuai dengan perkembangan dan kondisi dilingkungan sekitar, Adapun urutan cara kerja dalam penggunaan pembelajaran dengan metode bernyanyi meliputi berikut (Amin, 2016:213). 

  1. Guru menyiapkan tema materi pelajaran yang ingin disampaikan kepada murid. 
  2. Guru mencari jenis lagu atau musik tertentu yang disukai anak. 
  3. Guru memodifikasi olah vokal lagu/musik tersebut sesuai dengan isi materi pelajaran yang ingin disampaikan. 
  4. Guru memberi contoh cara menyanyikan lagu/music tersebut kepada murid. 
  5. Guru dan murid menyanyi bersama, jika perlu diiringi dengan tari-tarian atau menggerak-gerakkan kepala

Dengan demikian dapat diartikan bahwa metode bernyanyi merupakan metode pembelajaran yang menggunakan nyanyian sebagai wahana belajar anak. Sebab perlu diketahui bahwa anak menurut fitrahnya menyukai intonasi nada dan ritme yang enak didengar. 

Selain itu bernyanyi adalah kegiatan yang sangat disukai anak maka dari itu kegiatan pembelajaran akan mudah diserap/tersampaikan karena melakukannya dengan riang dan gembira. Bernyanyi juga merupakan alat bagi anak untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya sehingga dapat memudahkan anak dalam mengungkapkan apa yang anak rasakan.  

Belum ada Komentar untuk "Strategi Pemb. Melalui Bernyanyi (STKIPHA) Lotim //S-4//"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel