Kumpulan Pertanyaan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini

Menjadi hal yang lumrah ditemukan dilingkungan sekitar tentang bagaimana fenomena temuan yang dialami oleh pendidik kondisi peserta didik terutama dalam mengelola dan menampakkan bagaimana perkembangan sosial emosional selama belajar baik di Sekolah maupun belajar bersama dengan orang tua wali di Rumah masing-masing. Setiap perkembangan akan berkembang berdasarkan masa usia dan fase tertentu. Untuk itu, setiap pendidik dituntut mengembangkan softskill sesuai dengan era perkembangan zaman sekarang. Perlakuan pendidik terhadap peserta didik akan berdampak terhadap perkembangannya salah satunya bagaimana sosial emosional anak dipengaruhi. Pembahasan dikesempatan ini akan menuangkan beberapa pertanyaan penting dan akan dijawab berdasarkan pengalaman lingkungan setempat dan tentu pula sesuai dengan teori para ahli. Berikut beberapa pertanyaan di bawah ini:

  1. apa makna dari sosial emosional
  2. bagaimana cara mengatasi anak dengan egoisme tinggi
  3. anak yang jarang keluar rumah cenderung sulit mencari teman main saat tiba-tiba berada dilingkungan main teman sebayanya
  4. bagaimana cara meredakan amarah anak
  5. bagaimana cara mengatasi anak yang ketakutan
  6. kenapa sosial dikatakan sebagai proses pembentukan pribadi dalam masyarakat
  7. Apakah seorang pendidik perlu mengajarkan/mengarahkan anak untuk mengontrol emosi nya. 
  8. Bagaimana cara mendidik anak agar dapat bersosial dengan baik. 
  9. Bagaimana cara Pendidik untuk meningkatkan sosial emosional anak berkebutuhan khusus (ABK) untuk dapat melakukan interaksi dengan lingkungan sosial nya? 
  10. Bagaimana cara mengingatkan orang tua yang tidak dapat membelajarkan anak tentang pengendalian sosial emosional? 
  11. Apakah solusi bagi guru yang tidak dapat dengan sabar mendidik anak usia dini di sekolah yang akhirnya berdampak pada terjadi nya perilaku membentak yang tentu dapat mempengaruhi sosial emosional nya
  12. Bagaimana upaya orang tua menghadapi anak yang tidak dapat melakukan interaksi sosial? 
  13. Kenapa seseorang memiliki sifat marah, takut, senang, dan sedih.? 
  14. Bagaimana cara menanamkan sosial emosional yang baik, serta apa saja dampak positif dan negatif nya? 
  15. Mood anak kadang berubah-ubah, kadang sebagai tenaga pendidik merasa tensi over. Kira-kira untuk mengendalikan kembali mood buruk ke mood baik anak itu bagaimana? 
  16. Ketika seorang anak tidak mendapatkan sesuatu yang diinginkan maka, anak cenderung frontal dengan ragam tingkah dan perilaku. Bagaimana menjadi penyejuk saat kejadian itu berlangsung? 
  17. Dalam suatu waktu, saat pembelajaran berlangsung. Seorang anak yang ketika mengalami kekesalan, anak tersebut melampiaskan dengan menjambak jambak (menggunakan fisik). Untuk meredakan kondisi itu, solusi nya bagaimana?
  18. Apa saja gangguan-gangguan yang disebabkan oleh sosial emosional anak? 
  19. Orantua selalu menuntut kepada anaknya untuk berprestasi. Bagaimana menanamkan dan membelajarkan kepada orang tua agar hal itu tidak terjadi? 
  20. Bagaimana cara menghindari sikap overprotective pada anak? 
  21. Bagaimana mengembangkan sosial emosional anak dilingkungan keluarga? 
  22. Cerita apa saja yang dapat menstimulus perkembangan sosial emosional anak
  23. Tips pendidik untuk memahami emosi seorang anak? 
Pertanyaan-pertanyaan diatas mewakili seluruh pengalaman di lingkungan madrasah maupun dilingkungan rumah. Lalu apa yang perlu menjadi jawaban dan respon baik secara argumentasi hasil observasi maupun secara teoritis dalam memahami konteks tersebut.??? 
 
Next.... 

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Pertanyaan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel