PAUD Holistik Integratif MK.Model Peng. PAUD //IPNG Lombok// Materi

Apa itu PAUD Holistik Yang Saudaara Ketahui? PAUD Holistik dianjurkan untuk diberlakukan oleh seluruh guru, seluruh pendidik yang ada diatas negeri ini. Sehingga PAUD Holisitik dapat dimaknai sebagai penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup Layanan Pendidikan, Layanan Kesehatan, Gizi dan Perawatan, Layanan Pengasuhan, Layanan Perlindungan, dan Layanan Kesejahteraan. Untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah.

1. Layanan Pendidikan

Layanan pendidikan sebagai layanan dasar yang diselenggarakan di satuan PAUD untuk mengembangkan berbagai potensi anak yang mencakup nilai-nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni. Penyelenggaraan layanan pendidikan mengacu pada standar Nasional PAUD, kurikulum 2013 PAUD, dan acuan lainnya yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2. Layanan Kesehatan, Gizi dan Perawatan

Layanan kesehatan, gizi, dan perawatan di Satuan PAUD menjadi bagian dari Kurikulum Tingkat Satuan PAUD yang diwujudkan dalam kegiatan rutin:

Memberi fasilitas kepada tenaga Medis untuk melakukan Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK)/ Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK), perbaikan gizi, seperti pemberian vitamin A, pemberian imunisasi, pemeriksaan kesehatan mata, telinga, dan mulut anak. Berkoordinasi atau meminta bantuan kepada Penilik/Holistik Integratifmpaudi/IGTKI/ tokoh masyarakat apabila memerlukan bantuan untuk perluasan jaringan kemitraan, termasuk apabila memerlukan nara sumber atau fasilitas lainnya.

3. Layanan Pengasuhan

Pengasuhan pada satuan PAUD dilakukan bekerjasama dengan orang tua melalui program Parenting, diisi dengan kegiatan

  1. KPO (Kelompok Pertemuan Orangtua) seperti penyuluhan, diskusi, simulasi, seminar tentang pertumbuhan dan perkembangan anak, pengenalan makanan lokal yang sehat, pembiasaan  perilaku Holistik Integratifdup bersih dan sehat (PHBS), penanggulangan kecacingan, penggunaan garam beryodium, pencegahan penyakit menular, dan lain-lain.
  2. Konsultasi antara guru dan orangtua berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak.
  3. Keterlibatan orangtua di dalam kelas misalnya membantu menata lingkungan main, membuat media pembelajaran, menjadi model profesi sesuai dengan tema pembelajaran.
  4. Keterlibatan orangtua dalam menyediakan program makan bersama secara bergilir sesuai rekomendasi ahli gizi tentang penyediaan menu makanan dengan pemenuhan gizi seimbang.
  5. Keterlibatan orangtua di luar kelas misalnya menjadi panitia kegiatan lapangan, dan menyediakan PMT.
  6. Kegiatan bersama keluarga.

4. Layanan Perlindungan

Perlindungan anak harus menjadi bagian dari Misi lembaga, artinya semua anak yang ada di Satuan PAUD harus terlindung dari kekerasan fisik dan kekerasan non fisik, antara lain :

  1. Memastikan lingkungan, alat, dan bahan main yang digunakan anak dalam kondisi aman, nyaman dan menyenangkan
  2. Memastikan tidak ada anak yang terkena bully atau kekerasan fisik ataupun ucapan oleh teman, guru, atau orang dewasa lainnya di sekitar Satuan PAUD.
  3. Mengenalkan kepada anak bagian tubuh yang boleh disentuh dan yang tidak boleh disentuh.
  4. Mengajarkan anak untuk dapat menolong dirinya apabila mendapat perlakuan tidak nyaman, misalnya meminta pertolongan atau mengHolistik Integratifndari tempat dan orang yang dirasakan membahayakan.
  5. Semua area di satuan PAUD berada dalam jangkauan pengawasan guru.
  6. Semua anak mendapat perhatian yang sama sesuai dengan kebutuhan dan kondisinya.
  7. Memastikan semua guru terbiasa ramah, menghormati, menyayangi, serta peduli kepada semua anak dengan tidak mecap atau melabelkan sesuatu pada anak.
  8. Menumbuhkan situasi di area Satuan PAUD penuh keramahan, santun, dan saling menyayangi.
  9. Memastikan saat anak pulang sekolah dalam posisi aman (ada orang dewasa yang mendampingi)
  10. Menangani dengan segera ketika anak mengalami kecelakaan yang terjadi di Lembaga PAUD.

5. Layanan Kesejahteraan

Layanan kesejahteraan diartikan bahwa Satuan PAUD memperhatikan setiap anak terpenuHolistik Integratif kebutuhan dasarnya yakni kepastian identitas, kebutuhan fisik dan kebutuhan rohani.


Tujuan PAUD Holistik Integratif, secara umum adalah terselenggaranya layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia; sedangkan secara khusus adalah: 

  1. terpenuHolistik Integratifnya kebutuhan esensial anak usia dini secara; 
  2. Terlindunginya anak dari segala bentuk kekerasan, penelantaran, perlakuan yang salah, dan eksploitasi di manapun anak berada; 
  3. Terselenggaranya pelayanan anak usia dini secara terintegrasi dan selaras antar lembaga layanan terkait, sesuai kondisi wilayah; dan 
  4. Terwujudnya komitmen seluruh unsur terkait yaitu orang tua, keluarga, masyarakat, Pemerintah dan Pemerintah Daerah
Sementara itu Pelaksanaannya yaitu
  1. dilakukan secara simultan (Serentak penggunaannya)
  2. Sistematis, (Terstruktur sesuai koridor yang ada/tepat sasaran)
  3. Menyeluruh, (Kolektif dan Totalitas Pemanfaatanya) 
  4. Terintegrasi dan (Berhubungan saling keterkaitan antara satu dengan yang lainny)
  5. Berkesinambungan (Pemanfaatannya dilakukan secara terus menerus)
Cita-citanya PAUD HI ini terhadap tumbuh kembang anak diperuntukkan mewujudkan 
  • Anak yang sehat, 
  • Anak yang cerdas, dan 
  • dan Anak yang berkarakter sebagai generasi masa depan yang berkualitas dan kompetitif.

Belum ada Komentar untuk "PAUD Holistik Integratif MK.Model Peng. PAUD //IPNG Lombok// Materi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel