Perkembangan Musik Anak AUD (Materi-STKIPHA)

Dalam stimulasi musik di aspek perkembangan bahasa. Ada beberapa lingkup dan cakupan yang dimiliki anak dalam dunia musik anak tersebut meliputi beberapa hal:

  1. Melodi
  2. Syair
  3. Nada
  4. Irama dan
  5. Suara
Adapun manfaat yang dapat dihasilkan oleh threatment bagian dari stimulasi musik anak diantaranya meliputi:
  • Musik dapat memberi kebaikan untuk anak
Mengenalkan musik kepada anak akan dapat memberikan manfaat jauh lebih besar daripada sekedar menghiburnya. Musik juga dapat berkontribusi terhadap tumbuh kembangnya terutaman pada:

 

1. Meningkatkan kemampuan daya ingat (Memori) 

Mempelajari Instrument musik dapat mengajarkan anak bagaimana cara membuat, menyimpan, dan menggunakan memori secara aktif. Artinya bahwa performa intelektual anak juga akan lebi baik dari yang ada. 

2. Mengajarkan Kesabaran

Saat belajar musik tentu membutuhkan waktu, kesabaran, dan juga proses selama latihan. itulah mengapa musik merupakan bagian baik yang dapat melatih anak menjadi lebih sabar, giat mencapai suatu usaha dalam melangsungkan minat.

3. Dapat Meningkatkan Koordinasi 

 Proses dalam permainan instrumen musik membutuhkan otak daripada bekerja cepat. Selain itu mengartikan nada musik menjadi suatu gerakan fisik guna untuk memainkan alat musik sesuai nada di partitur serta membutuhkan kinerja otak dan kordinasi antara mata dan keterlibatan tangan. Proses ini bagian dari melatih kordinasi motorik anak.

4. Meningkatkan Kemampuan Matematika 

 Proses permainan musik dan matematika memiliki keterkaitan yang terkordinasi. Dengan belajar musik, anak dapat mengerti ketukan, ritme, dan skala sehingga secara tidak langsung dapat belajar membagi, membuat fraksi, dan mengenali pola sehingga mampu membantunya lebih mudah memahami daripada matematika anak.

5. Meningkatkan Pemahaman Dengan Komprehensif 

Aktivitas belajar dan bermain musik membutuhkan kemampuan untuk membaca Nada dan mengenalinya bagaimana memainkan instrumen musik dengan baik, memahami dan mengetahui jari mana yang berfungsi memainkan nada serta seberapa lama petikan yang baik dan seberapa keras musik dapat dimainkan.

6. Meningkatkan Kemampuan Mendengar

Bermain menggunakan alat musik membutuhkan kemampuan anak untuk dapat mendengar dengan seksama dibarengi akan konsentrasi intens guna mengetahui ritme, nada, dan tempo kecepatan musik. Hal tersebut akan melatih kemampuan konsentrasi anak dalam proses pemebelajaran di sekolah.

7. Meningkatkan kemampuan sosial

Apabila anak belajar musik secara berkelompok/group dan atau berkolaborasi antara band, orkestra, atau paduan suara, ia akan terbiasa dalam berkomunikasi dan bekerjasama dengan orang lain. Proses ini bagian dari peningkatan kemampuan sosial yang memudahkan terjadi interaksi sosial atau pergaulan yang lebih luas.


Usia berapa anak sebaiknya belajar musik?

Pengenalan musik pada anak baik dilakukan saat usia prenatal hingga usia sebelum 9 Tahun. setiap masa usia perkembangan akan berbeda tahapan pengenalan dan pembelajaran yang dilakukan beberapa poin diantaranya:
  • Usia Prenatal, Ayah Bunda dapat melakukan pengenalan musik terhadap anak melalui informal threatment dengan bernyanyi atau melakukan permainan yang memiliki unsur-unsur musik atau dapat sekedar melakukan tarian diiringi musik.
  • di Usia Tiga Tahun, anak dapat dengan mudah difahamkan lebih formal dalam bermusik dan usia ini anak mampu mengidentifikasi melodi atau jenis-jenis instrumen musik dengan baik.
  • Di Usia Lima Tahun, anak dapat langsung dibelajarkan cara menggunakan alat musik dengan mengandalkan kemampuan motorik yang masih terbatas, example: Biola, Seruling, Piano, Ukulele
  • Usia di atas Lima Tahun/Lebih Besar kemampuan motorik anak akan meningkat lebih baik. anak sudah mampu diajarkan penggunaan alat musik dengan size yang lebih besar atau musik yang lebih kompleks yang lebih membutuhkan kekuatan dan energi lebih besar sebagai contoh; Gitar, Bas, Teromper, Drum, Selo, Harpa,dan alat-alat perkusi serta alat sejenis lainnya.
  • Di Usia Sepuluh Tahun, anak tentu mendapat pengalaman lebih dari pengalaman terhadap dampak musik, usia ini anak dapat dilatih untuk meningkatkan Performa bermusiknya.



Belum ada Komentar untuk "Perkembangan Musik Anak AUD (Materi-STKIPHA)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel