Pendidikan Multikultural Untuk Anak Usia Dini

Materi pembelajaran tentang Pendidikan multikultural.
Pendidikan Multikultural termuata atas dua kata induk. Pertama “pendidikan” dan Kedua “multikultural”. Pendidikan memiliki makna sebagai proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang sebagai sebuah usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, dengan perbuatan mendidik. 

Sedangkan multikultural sebenarnya merupakan kata dasar yang mendapat awalan "multi". Kata dasar itu adalah kultur yang berarti kebudayaan, kesopanan, atau pemeliharaan. Sementara awalan dari kata terebut adalah multi yang berarti banyak, ragam. Multikultural dapat diartikan pula sebagai keragaman kebudayaan. 

Adapun secara istilah, pendidikan multikultural berarti proses pengembangan seluruh potensi manusia yang menghargai pluralitas (pemahaman tentang adanya perbedaan dalam suatu masyarakat dan memperbolehkan kelompok lain untuk tetap menjaga keunikan budayanya masing-masing) dan heterogenitasnya sebagai konsekuensi keragaman budaya, etnis, suku, dan aliran (agama).

Pembelajaran Teologi di Madrasah/Sekolah tidak cukup untuk memperkuat keimanan dan pencapaian menuju keridhaan tuhan  tanpa menghormati agama-agama lain dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. 
Maka, Pendidikan Multikultural Merupakan bagian dari solusi untuk anak usia dini dibelajarkan di Sekolah atau lembaga pendidikan, sebab pendidikan multikultural akan mengajarkan bagaimana menghargai latarbelakang yang berbeda antara ras, etnik, agama,dan budaya tertentu.

Pendidikan Multikultural untuk Anak Usia Dini memberikan warna corak alternatif solusi lain untuk membangun watak dan karakter bangsa dengan upaya-upaya meliputi; a) Membentuk, b) Membiasakan, c) Menanamkan nilai-nilai toleran, demokrasi, kesetaraan, dan keadilan. Sehingga akan melahirkan sikap saling menghormati dan menghargai sejak usia dini terhadap seluruh perbedaan yang ada dilingkungannya.

Multikultural tidak hanya pada lingkup keberagaman agama, suku, atau ras namun juga berkaitan dengan keberagaman Status Sosial, Keberagaman Stratifikasi Sosial, ataupun Keberagaman diferensiasi sosial.

Belum ada Komentar untuk "Pendidikan Multikultural Untuk Anak Usia Dini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel